Santalia, Rapita (2024) JURNAL SKRIPSI EFISIENSI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PG PAUD FKIP UNIVERSITAS PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati. (Submitted)
![[thumbnail of ARTIKEL JURNAL RAPITA-1(1).pdf]](http://repositori.upr.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ARTIKEL JURNAL RAPITA-1(1).pdf - Submitted Version
Download (123kB)
Abstract
Efisiensi belajar mahasiswa merujuk pada sejauh mana seorang mahasiswa dapatmencapai tujuan belajar mereka dengan mengoptimalkan penggunaan waktu, upaya,dan sumber daya yang tersedia. Efisiensi belajar tidak hanya mencakup hasil belajar,tetapi juga proses belajar itu sendiri. Efisiensi belajar dapat berbeda antara individu.Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa PG PAUD untuk mengidentifikasi strategiyang paling efektif bagi mereka dan terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaranmereka. Belajar adalah sebuah proses yang dilakukan oleh individu untuk memperolehsebuah perubahan tingkah laku yang menetap, baik yang dapat diamati maupun yangtidak dapat diamati secara langsung, yang terjadi sebagai suatu hasil latihan ataupengalaman dalam interaksinya dengan lingkungan, Roziqin (2007: 62). Faktor efisiensibelajar mahasiswa perlu dianalisis secara komprehensif, karena kegiatan belajar tidakberada dalam suasana “vacuum” (ruang hampa) atau tidak aktif. Tak terkecuali, faktorefisiensi belajar mahasiswa sebagai calon guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diProgram Studi PG PAUD FKIP Universitas Palangka Raya sebagai LembagaPendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang berwewenang dan bertanggung jawabuntuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon guru yang bermutu, kredibel danprofesional.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwahasil penelitian tentang usaha belajar mahasiswa dengan 13 indikator penelitian,ternyata secara rata-rata diperoleh persentase perbandingan skor ideal dan skor faktualsebesar 77,92%. Angka persentase tersebut berdasarkan kriteria yang ditentukantermasuk dalam kategori rendah. Namun demikian, walau usaha belajar mahasiswaberada pada kategori tinggi, tetapi bila dibandingkan dengan tuntutan kualitas calonguru yang mesti professional dan bermutu, maka usaha belajar mahasiswa ProgramStudi PG-PAUD FKIP Universitas Palangkaraya harus ditingkatkan lagi hinggamendekati 100%. Peningkatan usaha belajar bertalian erat penggunaan waktu. Hasilpenelitian membuktikan bahwa pada variabel usaha belajar yang dilakukan mahasiswakategori tinggi (77,92%) Dimensi waktu inilah yang perlu dimaksimal oleh mahasiswauntuk belajar secara mandiri agar kualitas diri calon guru PAUD UniversitasPalangkaraya ke depan lebih bermutu dan profesional.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords / Kata Kunci: | Efisiensi Belajar; Mahasiswa, Anak Usia Dini |
Subjects: | Pendidikan Paud |
Fakultas / Prodi: | FKIP > Pendidikan PAUD (S1) |
Depositing User: | Rapita Santalia |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:10 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:18 |
URI: | http://repositori.upr.ac.id/id/eprint/103 |