Natalia, Lara (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK KELOMPOK B TK RAJAWALI SAKTI-3 KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati. (Submitted)
![[thumbnail of ARTIKEL JURNAL LARA PENGUASAAN KOSAKATA(1).pdf]](http://repositori.upr.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ARTIKEL JURNAL LARA PENGUASAAN KOSAKATA(1).pdf - Submitted Version
Download (118kB)
Abstract
Penguasaan kosakata anak-anak yang tergabung dalam kelompok B, yang mencerminkan adanyasejumlah tantangan dalam penguasaan kosakata dan pemahaman cerita anak. Observasi tersebutmengungkapkan bahwa anak-anak di kelompok ini belum menunjukkan penguasaan yangmemadai dalam beberapa aspek penting yang terkait dengan pemahaman cerita dan penggunaankosakata. Secara spesifik, ditemukan bahwa anak-anak tersebut mengalami kesulitan dalammenyebutkan judul cerita yang telah mereka dengar atau baca, menunjukkan kurangnyapenguasaan anak untuk mengidentifikasi dan mengingat informasi penting dari cerita yangdisajikan. Selain itu, anak-anak juga belum mampu untuk menyebutkan tokoh-tokoh cerita dankarakter-karakter mereka dengan tepat, yang mengindikasikan kurangnya pemahaman mengenaiperan dan sifat dari setiap tokoh dalam cerita. Masalah lainnya adalah ketidakmampuan anak-anak untuk menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kalimat-kalimat mereka sendiri,yang mencerminkan tantangan dalam penguasaan anak untuk menyusun dan mengungkapkankembali informasi sesuai dengan pemahaman mereka terhadap cerita tersebut.Metode penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kuantitatif, yaitu metode quassieksperimen, mengetahui suatu pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap penguasaankosakata pada anak usia 5-6 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas B yang bersekolahdi TK Rajawali Sakti-3 Palangka Raya 18 Orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakanadalah sampling total yaitu sebanyak 18 orang. Teknik analisis data menggunakan ujinormalitas, uji homogenitas, dan Uji-T (Paired Samples Test).Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan sebagaimana telah diuraikan dan dijabarkan diBAB IV, Pengaruh tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata post test yang diajardengan menggunakan kegiatan penggunaan Media Audiovisual yaitu sebesar 14.0556 yangmengalami peningkatan sebesar 7,97% dari pre-test sebelumnya 6.1667. Hasil nilai pada tabelmenyatakan bahwa data Uji-t yang diperoleh thitung (14.465 dan ttabel taraf signifikasi dati T tabeladalah (0.05) atau (2.101) maka thitung > ttabel (14.465 > 2.101), jika T hitung 14.465 lebih dari Ttabel 2.101, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima yang artinya adalah terdapatpengaruh pada penggunaan media audiovisual terhadap penguasaan kosakata Bahasa Indonesiapada anak kelompok B Di TK Rajawali Sakti-3 Kota Palangka Raya.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords / Kata Kunci: | Bahasa Indonesia, Media Audio Visual, Penguasaan Kosakata |
Subjects: | Pendidikan Paud |
Fakultas / Prodi: | FKIP > Pendidikan PAUD (S1) |
Depositing User: | Mis Lara Natalia |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:15 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:17 |
URI: | http://repositori.upr.ac.id/id/eprint/104 |