PENGARUH METODE BERNYANYI MENYENANGKAN TERHADAP PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B2 TK TUNAS RIMBA II KOTA PALANGKA RAYA

Putri, Cindy Claudia (2024) PENGARUH METODE BERNYANYI MENYENANGKAN TERHADAP PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B2 TK TUNAS RIMBA II KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati. (Submitted)

[thumbnail of JURNAL CINDY 2.pdf] Text
JURNAL CINDY 2.pdf - Submitted Version

Download (173kB)

Abstract

Kosakata bahasa Inggris ini dapat dikenalkan melalui kegiatan bernyanyi menyenangkan. Bernyanyi menyenangkan adalah aktivitas yang membawa kegembiraan, ekspresi diri, dan rasa kesejahteraan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi menyenangkan terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B2 TK Tunas Rimba II kota Palangka Raya Tahun Ajaran 2023/2024. Kosakata bahasa Inggris AUD dalam penelitian ini adalah menyebutkan nama-nama hari, anggota tubuh luar serta warna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 di TK Tunas Rimba II kota Palangka Raya yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Pada penelitian menggunakan rumus uji t dari skor pre-test dan post test untuk mengetahui kosakata bahasa Inggris AUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh = 22,785. Sedangkan taraf signifikan ttabel yaitu 5% = 2,160. Dari data ini dapat dilihat bahwa nilai thitung (22,785) > ttabel (2,160). Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode bernyanyi menyenangkan terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B2 TK Tunas Rimba II yaitu anak lebih mudah mengingat kata-kata yang terdapat dalam lagu.

Item Type: Article
Keywords / Kata Kunci: Metode Bernyanyi Menyenangkan, Kosakata Bahasa Inggris AUD, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: Pendidikan Paud
Fakultas / Prodi: FKIP > Pendidikan PAUD (S1)
Depositing User: Cindy Claudia Putri
Date Deposited: 24 Feb 2025 03:26
Last Modified: 24 Feb 2025 03:27
URI: http://repositori.upr.ac.id/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item
View Item