PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MINAT DAN MOTIVASI OLAHRAGA SISWA SMP NEGERI 2 PALANGKA RAYA

Sabirin, Sabirin (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MINAT DAN MOTIVASI OLAHRAGA SISWA SMP NEGERI 2 PALANGKA RAYA. Repositori UPR. (Unpublished)

[thumbnail of Artikel Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Minat Dan Motivasi Olahraga Siswa SMP NEGERI 2 PALANGKA RAYA.pdf] Text
Artikel Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Minat Dan Motivasi Olahraga Siswa SMP NEGERI 2 PALANGKA RAYA.pdf

Download (326kB)

Abstract

Banyak siswa kurang menyukai olahraga,hal ini terbukti ketika pembelajaran olahraga mereka sering mengabaikan arahan dari guru untuk melakukan praktik. Mengenai motivasi terhadap belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan,masih banyak siswa ditemukan minat dan motivasi olahraga yang rendah. Hal ini terbukti ketika pada saat senam bersama banyak siswa tidak ber sungguh-sungguh melakukanya dan bersikap tidak disiplin dalam melakukan gerakan-gerakan yang diberikan oleh peraga di depan. Pembelajaran yang diberikan juga terlalu monoton dan membuat siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Masih kurangnya alat sarana prasarana olahraga yang tidak mendukung proses pembelajaran siswa, sehingga mereka cenderung tidak diperhatikan. Kurangnya apresiasi dari sekolah maupun guru, membuat siswa tidak semangat berolahraga dalam pembelajaran dan tidak ada dukungan motivasi dari orang tua yang akan menimbulkan masalah terhadap aktivitas belajar siswa dalam berolahraga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap minat dan motivasi olahraga siswa di SMP Negeri 2 Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperiment One Group Pretest-Posttest Study. Secara keseluruhan perlakuan diberikan selama 6 (enam) kali. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner.
Hasil penelitian menunjukan pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap minat dan motivasi olahraga adalah tidak ada pengaruh yang signifikan, dengan nilai t lebih besar dari 0,05 dengan taraf kepercayaan 95%. Tetapi terdapat perubahan peningkatan hasil pre test dan post test dengan hasil minat 73,7% meningkat ke 76,4% dan motivasi 66,4% meningkat ke 69,5%.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Keolahragaan
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi
Fakultas / Prodi: FKIP > Pendidikan PENJASKESREK (S1)
Depositing User: Sabirin Rower
Date Deposited: 10 Feb 2025 07:39
Last Modified: 20 Feb 2025 07:26
URI: http://repositori.upr.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item
View Item