OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN KERENG BANGKIRAI

Widya, Cindy (2025) OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN KERENG BANGKIRAI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Palangka Raya.

[thumbnail of CINDY WIDYA - SKRIPSI UNIVERSITAS PALANGKA RAYA.pdf] Text
CINDY WIDYA - SKRIPSI UNIVERSITAS PALANGKA RAYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of CINDY WIDYA - COVER SKRIPSI.pdf] Text
CINDY WIDYA - COVER SKRIPSI.pdf

Download (533kB)

Abstract

Cindy Widya, NIM 213020703131, Program Sarjana, Jurusan Ilmu Pemerintahan, pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Palangka Raya, 2025,, Dengan Judul Skrips: OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN KERENG BANGKIRAI, Dosen Pembimbing Utama: Dr. M. Doddy Syahirul Alam, SE., M.Si dan Dr. H. Maharidiawan Putra, S.H., M.H.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis optimalisasi pelayanan publik dalam mewujudkan kepuasan masyarakat di Kelurahan Kereng Bangkirai. Fokus penelitian diarahkan pada pelaksanaan dimensi pelayanan publik berdasarkan teori kualitas layanan (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy), serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam proses optimalisasi pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik di Kelurahan Kereng Bangkirai telah mengalami berbagai upaya perbaikan meskipun masih terdapat keterbatasan dalam sumber daya manusia, fasilitas fisik, dan anggaran. Di sisi lain, komitmen aparatur kelurahan yang tinggi, partisipasi aktif masyarakat, serta inisiatif digital sederhana menjadi faktor pendukung yang signifikan. Masyarakat secara umum merasa puas atas pelayanan yang diberikan, terutama dalam aspek keramahan dan kejelasan prosedur. Warga secara umum merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis dan Disertasi) (Sarjana (S1))
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci: Optimalisasi, Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat, Kelurahan
Subjects: Ilmu Pemerintahan
Fakultas / Prodi: FISIP > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: Mis Cindy Widya
Date Deposited: 12 Nov 2025 03:02
Last Modified: 12 Nov 2025 03:02
URI: http://repositori.upr.ac.id/id/eprint/3811

Actions (login required)

View Item
View Item