STRATEGI PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA (Zea Mays L.) DI KELURAHAN TEWAH KECAMATAN TEWAH KABUPATEN GUNUNG MAS

Fransiska, Ova (2025) STRATEGI PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA (Zea Mays L.) DI KELURAHAN TEWAH KECAMATAN TEWAH KABUPATEN GUNUNG MAS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Palangka Raya.

[thumbnail of Poster] Image (Poster)
JAGUNG POSTER.pdf - Other

Download (8MB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang merupakan kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang dengan metode analisis IFAS dan EFAS, serta merumuskan strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan dengan menggunakan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran jagung hibrida di Desa Tewah adalah: (a) Faktor kekuatan, yaitu pengalaman petani dalam menanam jagung, lokasi pertanian strategis, petani yang mengikuti penyuluhan, pembentukan kelompok tani, sarana dan prasarana yang dimiliki petani, (b) Faktor kelemahan, yaitu keterbatasan modal petani, posisi tawar petani, kurangnya tenaga kerja, terbatasnya ketersediaan fasilitas produksi di sekitar lokasi pertanian, tidak adanya aturan formal, yaitu kesepakatan harga antar pelaku usaha, (c) Faktor peluang, yaitu penetapan jagung sebagai komoditas unggul, ketersediaan lembaga penunjang pertanian jagung, kegiatan penyuluhan, ukuran dan produksi, kualitas benih jagung, (d) Faktor ancaman, yaitu harga komoditas yang berfluktuasi, kurangnya lembaga permodalan, kurangnya informasi pasar, tingginya biaya pengumpulan dalam transportasi, dan penyuluhan yang tidak intensif. (2) Strategi alternatif yang dapat diterapkan pada pemasaran jagung hibrida di Kelurahan Tewah adalah strategi S-O, yang merupakan strategi agresif, artinya situasi ini sangat menguntungkan dalam pemasaran jagung hibrida karena memiliki kekuatan dan peluang yang tinggi, sehingga dapat memaksimalkan kekuatannya dengan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis dan Disertasi) (Sarjana (S1))
Keywords / Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Jagung Hibrida, Analisis SWOT
Subjects: Agribisnis
Fakultas / Prodi: FAPERTA > Agribisnis (S1)
Depositing User: ova fransiska
Date Deposited: 28 Feb 2025 02:31
Last Modified: 28 Feb 2025 02:31
URI: http://repositori.upr.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item
View Item