ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP KRISTEN PALANGKA RAYA

Kristin, Meila (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP KRISTEN PALANGKA RAYA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Palangka Raya.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
ACA118043_Meila Kristin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil tes yang diperoleh siswa dalam menyelesaikan soal pada operasi bentuk aljabar kelas VII SMP Kristen Palangka Raya. Hal ini ditujukan ketika diberikan soal tes, banyak siswa yang melakukan kesalahan yaitu kesalahan fakta terdiri dari 46 kesalahan, kesalahan konsep terdiri dari 59 kesalahan, kesalahan operasi terdiri dari 67 kesalahan dan kesalahan prinsip terdiri dari 38 kesalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada operasi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kristen Palangka Raya sebanyak 26 siswa. Alat pengumpulan data yaitu menggunakan tes dan wawancara. Sebelum digunakan instrumen soal terlebih dahulu di validasi oleh tiga orang ratters yaitu dua orang dosen Program Studi Pendidikan Matematika dan satu orang guru matematika yang mengajar di kelas VII SMP Kristen Palangka Raya. Dari hasil telaah tersebut seluruh soal tes dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk pengambilan data. Setelah dilakukan tes, terpilih 4 siswa untuk diwawancarai yang memenuhi 2 kriteria yaitu siswa yang paling banyak melakukan kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip. Dan yang memiliki komunikasi yang baik. Hasil penelitian ini adalah kesalahan fakta pada siswa yaitu kesalahan dalam menuliskan variabel dan simbol matematika hal ini disebabkan karena asal-asalan. Kesalahan konsep pada siswa yaitu kesalahan dalam melakukan pengelompokkan suku sejenis karena siswa masih kurang memahami konsep suku sejenis. Kesalahan operasi pada siswa yaitu kesalahan dalam melakukan perhitungan bentuk aljabar karena siswa kesulitan dalam melakukan perhitungan jika ada tanda negatif dan positif. Dan kesalahan prinsip pada siswa yaitu siswa kurang menguasai sifat-sifat operasi hitung bentuk aljabar. Sehingga pada saat mengerjakan soal operasi hitung bentuk aljabar mengalami kesulitan. Adapun faktor penyebab lain yaitu ada gangguan mental dan asik ngobrol dengan teman.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis dan Disertasi) (Sarjana (S1))
Keywords / Kata Kunci: Analisis, Kesalahan Siswa, Operasi Bentuk Aljabar
Subjects: Pendidikan Matematika
Fakultas / Prodi: FKIP > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Devy Octaviany
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:33
Last Modified: 06 Mar 2025 03:14
URI: http://repositori.upr.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item
View Item