UPAYA GURU SMPN 6 PALANGKA RAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SELAMA COVID – 19 DALAM KURUN WAKTU 2 TAHUN TERAKHIR

Romdani, Fathul (2022) UPAYA GURU SMPN 6 PALANGKA RAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SELAMA COVID – 19 DALAM KURUN WAKTU 2 TAHUN TERAKHIR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Palangka Raya.

[thumbnail of Abstrak + Kesimpulan] Text (Abstrak + Kesimpulan)
Abstrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
AFD118070_Fathul Romdani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru SMPN 6 Palangka Raya dalam meningkatkan hasil belajar siswa selama kurun waktu 2 tahun terakhir. Menurut hasil observasi yang telah saya lakukan di SMPN 6 Palangka Raya, kegiatan proses belajar mengajar di SMPN 6 Palangka Raya sudah berupaya penuh dalam masa pandemi, sekolah tetap memperhatikan pembelajaran siswa. Sekolah mengadakan kegiatan pembelajaran secara daring. Pelaksanaan pembelajaran secara daring guru menggunakan media google classroom. Upaya ini untuk menjaga keberlangsungan pembelajaran.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2022 dimulai dari melakukan observasi sampai melakukan wawancara kepada sumber data yang terpilih. Sumber data yang terdapat dalam penelitian ini adalah perwakilan 5 guru SMPN 6 Palangka Raya yang merupkan guru mata pelajaran yang berbeda dari 54 guru yang terdapat di SMPN 6 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi sebelum melakukan penelitian, kemudian dilakukan wawancara kepada 5 perwakilan guru yang menjadi sumber datapenelitian, dan setelah itu dilakukanlah dokumentasi untuk memperkuat hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Mulai dari menggunakan metode pembelajaran yang beragam dan terus memotivasi siswa, namun masih ada saja hasil belajar siswa yang tidak sesuai harapan. Guru sudah berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari pandemi berlangsung hingga terlaksananya pembelajaran tatap muka. Terlihat jelas perbandingan hasil belajar siswa ketika pembelajaran dilaksanakan melalui daring dan ketika tatap muka.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis dan Disertasi) (Sarjana (S1))
Keywords / Kata Kunci: Upaya Guru, Meningkatkan Hasil Belajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Teknologi Pendidikan
Fakultas / Prodi: FKIP > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Devy Octaviany
Date Deposited: 06 Mar 2025 07:35
Last Modified: 06 Mar 2025 07:35
URI: http://repositori.upr.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item
View Item