META-ANALISIS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA BERBASIS ANDROID

Sitorus, Mangido (2022) META-ANALISIS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA BERBASIS ANDROID. Sarjana (S1) thesis, Universitas Palangka Raya.

[thumbnail of Cover + Kesimpulan] Text (Cover + Kesimpulan)
Cover.pdf

Download (741kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
193020208018_Mangido Sitorus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Media Pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara peserta didik, pendidik dan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian tujuan pembelajaran terhadap soal prettest dan postest pada pembelajaran kimia SMA berbasis android, kesesuaian sintaks model pengembangan media pada skripsi yang dianalisis terhadap model pengembangan media secara teoritis, dan kesesuaian materi pembelajaran kimia SMA terhadap silabus pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian meta-analisis kualitatif yang diadaptasi dari Merriyana dan dilakukan dengan 8 tahap. Objek penelitian ini adalah skripsi mahasiswa program studi pendidikan kimia Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Palangka Raya dengan tema pengembangan media pembelajaran kimia SMA berbasis android. Teknik Pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dari dokumen tujuan pembelajaran, soal pretest dan posttest, lembar flowchart, dokumen sintaks model pengembangan media, materi pembelajaran, hasil jawaban soal pretest dan posttest yang kemudian di identifikasi dan dianalisis menggunakan tabel identifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan tujuan pembelajaran terhadap soal pretest dan posttest pada skripsi yang dianalisis dikategorikan masih belum sesuai dengan tujuan pembelajaran HOTS. Sintaks model pengembangan media yang digunakan oleh masing-masing skripsi masih terdapat ketidaksesuaian dengan sintaks model pengembangan media secara teoritis. Sintaks model pengembangan media dengan penerapan model Borg and Gall dikategorikan masih belum sesuai dengan sintaks pengembangan media secara teoritis, dan tidak dapat dihitung N-Gain-nya karena tidak memiliki sumber data untuk dianalisis. Sintaks model pengembangan media dengan penerapan model DDD-E (Decide, Design, Development, dan Evaluate) pada topik materi Minyak Bumi, dikategorikan masih belum sesuai dengan sintaks pengembangan secara teoritis, dengan N-gain sebesar 0,32 (Sedang) diperoleh dari nilai rata-rata pretest sebesar 41,66 dan posttest sebesar 60,83. Sintaks model pengembangan media dengan penerapan model DDD-E (Decide, Design, Development, dan Evaluate) pada materi Perkembangan Model Atom, dikategorikan masih belum sesuai dengan sintaks pengembangan secara teoritis, dengan N-gain sebesar 0,73 (Tinggi) diperoleh dari nilai rata-rata pretest sebesar 40,66 dan posttest sebesar 84.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis dan Disertasi) (Sarjana (S1))
Keywords / Kata Kunci: Meta-analisis; Model Pengembangan Media; Pembelajaran Kimia; dan Android
Subjects: Pendidikan Kimia
Fakultas / Prodi: FMIPA > Kimia (S1)
Depositing User: Devy Octaviany
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:58
Last Modified: 07 Mar 2025 03:58
URI: http://repositori.upr.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item
View Item