Sarsani, Komang (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMOSIONAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PALANGKA RAYA DALAM BERMAIN GAME ESPORT. Repositori UPR. (Unpublished)
![[thumbnail of JURNAL SKRIPSI KMG.pdf]](http://repositori.upr.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
JURNAL SKRIPSI KMG.pdf
Download (200kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dapatmemengaruhi emosional siswa, strategi yang digunakan untuk mengelola emosi negatif, sertadampak bermain game esport terhadap aspek lain dalam kehidupan siswa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Datadikumpulkan melalui kuesioner terbuka yang diisi oleh 20 siswa kelas XI SMA Negeri 2Palangka Raya yang bermain game esport. Data yang diperoleh mencakup pola emosi positifdan negatif yang dialami siswa, faktor internal seperti motivasi, kepercayaan diri, dan regulasiemosi, faktor eksternal seperti lingkungan bermain, interaksi dengan pemain lain, dan durasibermain, strategi mengelola emosi negatif, serta dampak bermain game esport terhadap aspeklain dalam kehidupan siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal memiliki peranpenting dalam memengaruhi emosional siswa saat bermain game esport. Siswa menggunakanberbagai strategi untuk mengelola emosi negatif, dan bermain game e-sport juga dapatberdampak pada motivasi belajar, kontrol diri, dan kepribadian siswa. Interaksi antara faktorinternal dan eksternal juga berkontribusi dalam memengaruhi emosional siswa. Temuan inimenekankan pentingnya memahami dan mengelola faktor-faktor tersebut untuk mendukungsiswa agar dapat bermain game esport secara sehat.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords / Kata Kunci: | Game Esport, Emosional Siswa, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Strategi Mengelola Emosi |
Subjects: | Ilmu Keolahragaan |
Fakultas / Prodi: | FKIP > Pendidikan PENJASKESREK (S1) |
Depositing User: | Komang Sarsani |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 08:50 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:25 |
URI: | http://repositori.upr.ac.id/id/eprint/56 |