Meilinda, Ni Ketut (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATRIKS BERDASARKAN LANGKAH POLYA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BASARANG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Palangka Raya.
![[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]](http://repositori.upr.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDAHULUAN.pdf
Download (814kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](http://repositori.upr.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (94kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](http://repositori.upr.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (374kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](http://repositori.upr.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (195kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](http://repositori.upr.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](http://repositori.upr.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repositori.upr.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (75kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matriks berdasarkan tingkat tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas XI-1 SMA Negeri 1 Basarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas X-1 berdasarkan tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, mengungkap bahwa kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada siswa dalam menyelesaikan soal pada materi matriks, menurut pendekatan Polya, dapat dikelompokkan secara umum menjadi empat jenis. Pertama, kesalahan dalam memahami masalah yang terjadi ketika siswa salah menentukan informasi yang diketahui dan yang ditanyakan, serta salah dalam membuat pemisalan. Kedua, kesalahan dalam Menyusun rencana, siswa salah menentukan rumus yang sesuai dengan permasalahan dan siswa tidak menuliskan dengan lengkap rumus yang akan digunakan. Ketiga, kesalahan dalam melaksanakan rencana, siswa melakukan kesalahan dalam pengerjaan tahap-tahap penyelesaian, siswa keliru dalam melakukan perhitungan, siswa tidak menuliskan tahap-tahap penyelesaian. Dan keempat, kesalahan dalam memeriksa Kembali, siswa tidak dapat menuliskan kesimpulan yang sesuai dengan penyelesaian.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis dan Disertasi) (Sarjana (S1)) |
---|---|
Keywords / Kata Kunci: | analisis kesalahan; matriks |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Fakultas / Prodi: | FKIP > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Meilinda |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 06:49 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 06:54 |
URI: | http://repositori.upr.ac.id/id/eprint/32 |